Kamis, 28 Oktober 2010

Think Different..!!!


Nasi?Beras? jika muncul pertanyaan “dari apa sih nasi itu?” rata-rata pasti akan menjawab “dari beras!” padahal nasi itu sebenarnya bukan hanya dari beras ,melainkan melalui proses yang cukup panjang. Pertama kita harus menyiapkan beras ,lalu mencucinya. Terus kita siapkan air dan beras ,masukan ke dalam penanak nasi. Tunggu beberapa menit dan jadilah nasi. Dalam hal ini kita mempelajari hal. Bahwa kita itu harus berpikir cerdas dan berpikir berbeda.

Belajar dari hal-hal sepele tersebut mari kita sadarkan otak kita dari kecerebohan pemikiran kita tersebut, dan kita perbaiki pola pemikiran yang demikian itu agar dalam setiap apapun dalam keadaan dan waktu apapun kita selalu berfikir cerdas.
Selanjutnya mari kita bahas apa itu berfikir cerdas.

Terkadang banyak orang berpendapat bahwa berfikir cerdas itu hanya dimiliki oleh para orang-orang jenius. Tapi meskipun anda bukanlah seorang jenius, namun anda dapat mengunakan strategi yang sama seperti yang digunakan Aristotle dan Einstein untuk memanfaatkan kreatifitas berpikir anda dan mengatur masa depan anda lebih baik.
Berikut akan saya paparkan kedelapan statregi yang dapat mendorong cara berpikir anda lebih produktif daripada reproduktif untuk memecahkan masalah-masalah.
"Strategi-strategi ini pada umumnya ditemui pada gaya berpikir bagi orang-orang yang jenius dan kreatif di ilmu pengetahuan, kesenian, dan industri-industri sepajang sejarah."

1. Lihatlah persoalan anda dengan berbagai cara yang berbeda dan cari perspektif baru yang belum pernah dipakai atau belu diterbitkan oleh orang lain .Seperti pendapat Leonardo da Vinci yang percaya bahwa untuk menambah pengetahuan tentang suatu masalah dimulai dengan mempelajari cara menyusun ulang masalah tersebut dengan berbagai cara yang berbeda. Ia merasa bahwa pertama kali melihat masalah itu terlalu prubasangka. Seringkali, masalah itu dapat disusun ulang dan menjadi suatu masalah yang baru.

2. Bayangkan!Ketika Einstein memikirkan suatu masalah, ia selalu menemukan bahwa perlu untuk merumuskan persoalannya dalam berbagai cara yang berbeda-beda yang masuk akal, termasuk menggunakan diagram-diagram. Ia membayangkan solusi-solusinya dan yakin bahwa kata-kata dan angka-angka tidak memegang peran penting dalam proses berpikirnya.

3. Hasilkan! Karakteristik anak jenius yang membedakan adalah produktivitas.Thomas Edison memegang 1.093 patenDia memberikan jaminan produktivitas dengan memberikan ide-ide pada diri sendiri dan asistennya. Dalam studi dari 2.036 ilmuwan sepanjang sejarah, Dekan Keith Simonton, dari University of California di Davis, menemukan bahwa ilmuwan-ilmuwan yang dihormati tidak hanya menciptakan banyak karya-karya terkenal, tapi banyak yang buruk. Mereka tidak takut gagal, atau membuat kesalahan besar untuk meraih hasil yang hebat.

4. Buat kombinasi-kombinasi baru.
Kombinasikan, and kombinasikan ulang, ide-ide, bayangan-bayangan, and pikiran-pikiran ke dalam kombinasi yang berbeda, tidak peduli akankeanehan atau ketidakwajaran.
Keturunan hukum-hukum yang menjadi dasar ilmu genetika modern berasal dari pendeta Austria, Grego Mendel, yang mengkombinasikan matematika dan biologi untuk menciptakan ilmu pengetahuan baru.

5. Bentuklah hubungan-hubungan
.
 buatlah hubungan antara peroalan-persoalan yang berbedaDa Vinci menemukan hubungan antara suara bel dan sebuah batu yang jatuh ke dalam air.Hal ini memungkinkan Da Vinci untuk membuat hubungan bahwa suara mengalir melalui gelombang-gelombang. Samuel Morse menciptakan stasiun-stasiun penghubung untuk tanda-tanda telegraf ketika memperhatikan stasiun-stasiun penghubung untuk kuda-kuda.

6. Berpikir secara berlawanan.Ahli ilmu fisika Niels Bohr percaya bahwa jika andamemegang pertentangan secara bersamaan, kemudian anda menyingkirkan pikiran anda dan akal anda bergerak menuju tingkatan yang baru. Kemampuannya untuk membayangkan secara bersamaan mengenai suatu partikel dan suatu gelombang mengarah pada konsepsinya tentang prinsip saling melengkapi. Dengan menyingkirkan pikiran (logis) dapat memungkinkan akal anda untuk menciptakan sesuatu yang baru.

7. Berpikir secara metafor.Aristotle menganggap metafora sebagai tanda yang jenius, dan percaya bahwa individual yang memiliki kapasitas untuk menerima persamaan antara dua keberadaan yang berbeda dan menghubungkannya adalah individual yang punya bakat kusus.

8. Persiapkan diri anda untuk menghadapi kesempatan.Bilamana kita mencoba sesuatu dan gagal, kita akhirnya mengerjakan sesuatu yang lain. Hal ini adalah prinsip pertama dari kekreatifan. Kegagalan dapat menjadi produktif hanya jika kita tidak terfokus pada satu hal sebagai suatu hasil yang tidak produktif. Sebaliknya, menganalisa proses, komponen-kompnen dan bagaimana anda dapat mengubahnya untuk memperoleh hasil yang lain. Jangan bertanya, Mengapa saya gagal?? melainkan ?Apa yang telah saya lakukan??


Jadi begini, jangan kalian bayangkan bahwa kekuatan imajiner adalah kemampuan untuk membayangkan sesuatu yang berlebihan, tidak karuan dan cenderung menghayal. Akan tetapi kekuatan imajiner di sini terbentuk atas dasar kekuatan emosional, intelektual, spiritual, dan intuisi…cieee agak serius nihpokok pembahasannya. Tapi benar kok, orang yang memiliki emosionalitas yang tinggi berbeda kekuatan imajinernya dengan orang yang memiliki emosionalitas rendah, begitu juga secara intelektual, spiritual, dan intuisi. Kekuatan-kekuatan yang demikian itu perlu adanya proses pengasahan supaya kita mampu untuk berpikir secara cerdas dengan imajiner yang cerdas pula.
Karena kekuatan imajiner tersebut, lahir pula tindakan imajiner dengan konten dan aspek yang sama yaitu emosional, intelektual, spiritual, dan intuisi. Untuk selanjutnya kita perlu untuk menerima saran dan kritik agar kita mampu melihat kekurangan kita serta bisa memahami perbedaan yang ada.Hingga pada puncaknya, dapat menjadikan kita sebagai seseorang yang dinamis dalam berpikir dan bertindak (tidak stagnan). Seseorang yang dinamis akantercermin dari tindakan-tindakannya, berupa tindakan yang inovatif, kreatif, strategis serta independensi.
Apa yang di maksud dengan berfikir di luar kotak? Mungkin kita perlu mendefinisikan dulu apa yang di maksud dengan berfikir di dalam kotak. Yang di maksud dengan berfikir di dalam kotak adalah kita selalu berfikir dengan berpijakan kepada kebiasaan. apa yang sudah biasa di lakukan oleh orang lain, termasuk di dalamnya hal – hal yang sudah bisa dan biasa kita lakukan atau yang mudah kita lakukan. Berpikir di dalam kotak juga berarti bagaimana kita berfikir dalam zona nyaman kita , tentu saja berfikir di luar kotak adalah kebalikanya, Yaitu cara berfikir kita dengan melihat hal-hal yang tidak biasa, hal-hal yang aneh di luar kemampuan kita, tidak biasa dilakukan oleh orang lain, tidak biasa dilakukan oleh diri kita, termasuk tidak biasa dilakukan oleh kelompok kita, bahkan tidak ada orang yang pernah melakukanya.Berfikir di luar kotak memang melawan kecenderungan manusia yang ingin selalu nyaman, ingin berada di zona nyaman atau status quo, namun masalahnya jika kita hanya berfikir dengan cara-cara yang biasa, maka haslinyapun akan biasa.
Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda, maka kitapuun harus berfikir dengan cara yang berbeda. Memang dengan hanya berfikir di dalam kotak saja anda masih tetap bisa bergerak, perusahaan anda masih bisa terus berjalan, namun kondisi anda maupun kondisi perusahaan anda akan stagnan, artinya berjalan ditempat, atau sekedar hanya bertahan, kalaupun ada peningkatan, peningkatan itu hanya terjadi secara linear atau lambat. Mungkin kita tidak asing dengan peningkatan 5 atau 10 % bahkan kurang dalam setahun.

bagi seorang pemikir revolusioner, jika kita ingin menggandakan hasil kita, kita harus berfikir di luar kotak dimana kita tidak lagi berharap bahwa peningkatan itu hanya 5 % atau 10 % dalam setahun, kita ingin peningkatan itu berkali lipat, bahkan bukan hanya dalam setahun tapi kurang dari setahun.Misalnya kita ingin pendapatan kita berkali lipat hanya dalam waktu 6 bulan.
Berfikir di dalam kotak itu justru dapat membahayakan diri kita, mungkin kita menganggap bahwa kita sudah cukup berfikir dalam kotak saja, masalahnya beban akan terus bertambah, persaingan akan semakin ketat, jika kita hanya berfikir didalam kotak sementara orang lain berfikir di luar kotak, dengan ide-ide baru yang inovatif, ide-ide baru yang terobosan, maka kita akan kalah, kita akan tenggelam. Oleh karena itu kita perlu berfikir di luar kotak sehingga kita mampu bersaing dengan orang lain.
Cobalah tengok keluar, cobalah tengok di toko, cobalah tengok di internet produk-produk baru terus bermunculan.
Kita lihat seperti handphone, mungkin produknya tetap berupa hangphone atau alat komunikasi, namun dapat kita lihat fitur yang inovatif yang hadir di dalam handphone yang baru, handphone lama sudah mulai ketinggalan dan harganyapun akan turun drastis. Jika kita hanya mengandalkan handphone gaya lama, jelas perusahaan handphone akan bankrut dengan segera.
Apapun bisnis kita, persaingan itu tidak akan pernah diam, perubahan tidak akan pernah berhenti, kita harus tetap terus menerus menemukan ide-ide terobosan supaya kita terus berada di depan.
bagi seorang pemikir revolusioner, jika kita ingin menggandakan hasil kita, kita harus berfikir di luar kotak dimana kita tidak lagi berharap bahwa peningkatan itu hanya 5 % atau 10 % dalam setahun, kita ingin peningkatan itu berkali lipat, bahkan bukan hanya dalam setahun tapi kurang dari setahun.Misalnya kita ingin pendapatan kita berkali lipat hanya dalam waktu 6 bulan.
Berfikir di dalam kotak itu justru dapat membahayakan diri kita, mungkin kita menganggap bahwa kita sudah cukup berfikir dalam kotak saja, masalahnya beban akan terus bertambah, persaingan akan semakin ketat, jika kita hanya berfikir didalam kotak sementara orang lain berfikir di luar kotak, dengan ide-ide baru yang inovatif, ide-ide baru yang terobosan, maka kita akan kalah, kita akan tenggelam. Oleh karena itu kita perlu berfikir di luar kotak sehingga kita mampu bersaing dengan orang lain.
Cobalah tengok keluar, cobalah tengok di toko, cobalah tengok di internet produk-produk baru terus bermunculan.
Kita lihat seperti handphone, mungkin produknya tetap berupa hangphone atau alat komunikasi, namun dapat kita lihat fitur yang inovatif yang hadir di dalam handphone yang baru, handphone lama sudah mulai ketinggalan dan harganyapun akan turun drastis. Jika kita hanya mengandalkan handphone gaya lama, jelas perusahaan handphone akan bankrut dengan segera.
Apapun bisnis kita, persaingan itu tidak akan pernah diam, perubahan tidak akan pernah berhenti, kita harus tetap terus menerus menemukan ide-ide terobosan supaya kita terus berada di depan.
berhubungan dengan masalah waktu, berfikir di luar kotak adalah kita mencari cara-cara baru, bagaimana kita meningkatkan produktivitas diri kita. Bukan hanya meningkat 5 %  atau 10 % saja tetapi bagaimana cara kita melipatgandakanya. Jika anda masih mengatakan “Ah itu tidak mungkin!”. Artinya anda masih berfikir di dalam kotak, kita harus berani berfikir di luar kotak, karena jika kita sudah berani berfikir di luar kotak, maka peluang – peluang terobosan akan muncul di hadapan kita. Jika kita membatasi pikiran kita, maka semua ide-ide hebat tersebut diatas tidak akan pernah muncul dan datang kepada kita.
Kita memerlukan berani, berani yang bagaimana?
Kita harus berani melawan keraguan, baik itu keraguan yang datang dari kita sendiri, maupun keraguan itu dari orang-orang di sekitar kita. Setiap ide yang baru, setiap ide yang aneh, pasti akan mendapatkan penolakan dari berbagai pihak. Namun anda harus tetap berani, seaneh apapun ide tersebut, bahkan ide anda dianggap ide gila anda harus tetap berani melaksanakan ide-ide tersebut, jika tidak maka anda tidak akan pernah bisa berfikir di luar kotak.
Berani mengambil resiko. Jika anda menghasilkan ide-ide baru, gagasan baru untuk meningkatkan produktivitas anda, maka saya katakan bahwa ide tersebut besar kemungkinan untuk tidak berhasil alias gagal. Tidak ada jaminan keberhasilan, karena melakukan sesuatu yang baru tingkat kegagalanya lebih tinggi daripada melakukan sesuatu yang sudah biasa. Karena resikonya besar maka di perlukan suatu keberanian. Suatu keberanian mengambil resiko. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa kita mengambil resiko-resiko itu?”.Jawabnya adalah karena di balik resiko tersebut ada sesuatu peluang yang jauh lebih besar. Ingatlah hukum peluang dan resiko, “Semakin besar resiko yang kita ambil, semakin besar pula peluang yang akan kita dapatkan.” Jika kita tidak berani mengambil resiko – resiko yang  besar dan kita hanya mengambil resiko-resiko yang kecil, maka apa yang akan kita dapatkan akan kecil pula. Maka wajarlah jika apa yang akan anda raih tetap stagnan atau mengalami peningkatan secara linier dan lambat.
Jika anda ingin menggandakan peningkatan anda, maka anda harus berani berfikir di luar kotak, berani melawan keraguan, berani mengambil resiko. berfikir di luar kotaklah yang memungkinkan kita mendapatkan cara-car baru, cara-cara yang inovatif, cara-cara terobosan, cara-car yang lebih cepat,cara-cara yang tidak biasa.
cara-cara seperti ini hanya akan kita dapatkan jika mau berfikir di luar kotak. memang cara-cara yang akan kita dapatkan jika kita berfikir di luar kotak adalah cara yang tidak biasa, cara yang berbeda. Justru disitulah peluangnya.
Jika anda melakukan cara-cara yang biasa, maka hasilnyapun akan biasa, jika anda melalui jalan yang sama, melalui mobil yang sama, malalui kecepatan yang sama maka waktu yang anda perlukan untuk mencapai tujuan anda akan sama pula.Namun sekali anda berubah, cara anda mengendarai mobil misalnya kecepatan andas di tambah, atau jalan yang anda tempuh berbeda, atau mobil yang anda gunakan berbeda, maka hasilnya akan berbeda pula. Begitu juga dengan pekerjan-pekerjaan lain, jika anda ingin menghasilkan yang berbeda, maka anda harus melakukan sesuatu yang berbeda. Semakin berbeda apa yang anda lakukan, maka semakin besar pula peluang yang akan anda dapatkan.
Dengan berfikir di luar kotak, kita bebas berfikir, kita akan bebas dari cara lama, kita akan bebas dari tradisi, kita akan bebas dari kebiasaan
Pikiran-pikiran kita memunculkan suatu belief system. Ketika kita terjebak kedalam satu belief system, maka kita menafikan kemungkinan yang lain.Hal inilah yang membatasi manusia untuk maju, padahal sebenarnya manusia mempunyai 2 pilihan dalam satu masalah.
Cara berpikir cerdas
Sebenarnya setiap masalah yang muncul menimbulkan 2 kemungkinan.
 Namun belief system kita yang membuat kita tidak ada pilihan sehingga kita memecahkan masalah dengan logika yang telah kita percayai benar. Untuk berpikir cerdas seperti Einstein, maka setiap masalah harus kita lihat 2 sisi kemungkinannya. Cara melihat 2 sisi kemungkinan ini berasal dari penglihatan otak kanan, ada yang bilang dengan mata ketiga, ada yang bilang dengan indrakeenam, namun jelasnya cara melihat suatu masalah dengan 2 sisi kemungkinan adalah hasil dari penglihatan prosesor kanan otak manusia.
Cara berpikir cerdas adalah menggunakan 2 sisi otak manusia kanan dan kiri, untuk menghasilkan 2 sistem cara berpikir hanya untuk memandang 1 masalah. Sistem berpikir otak kiri menghasilkan logika, hukumnya adalah A=A, sistem berpikir otak kanan menghasilkan dialektika, hukumnya adalah A menjadi B.
Untuk itu cara mencari solusi bagi 1 masalah adalah, melihat masalah itu dengan 1 sisi saja, kemudian membenturkannya dengan melihat masalah itu dari 2 sisi. Pembenturan masalah dari dua sisi tersebut merupakan dialektika mindset. Dalam istilah umum, sisi lain dari suatu masalah boleh dibilang sebagai hikmah.

Contoh kasus:
saya kehilangan uang.
Dengan otak kiri maka “saya kehilangan uang adalah saya kehilangan uang”
Ini namanya logika. Tidak memberikan kesempatan kemungkinan lain.
Dengan otak kanan maka “saya kehilangan uang adalah saya harus bekerja lembur untuk mengganti uang yang hilang”
Ini berasal dari otak kanan yang mampu melihat 2 sisi dari satu masalah.
Ini namanya dialektika karena makna kehilangan uang sudah berubah menjadi harus bekerja lembur untuk mengganti uang yang hilang.

Sistem mekanistik alam bawah sadar manusia.
Manusia sebenarnya mempunyai sistem pikiran bawah sadar. Bawah sadar menguasai 80% sistem berpikir manusia. Pikiran bawah sadar inilah yang membuat mekanistis karakter dan cara hidup manusia sehari-hari. Sebagai contoh ibu saya merasa setiap jam 4 pagi tanpa pasang alarm jam bisa bangun pagi, sebenarnya alam bawah sadar ibu saya telah terprogram bahwa jam 4 pagi sudah saatnya bangun, sehingga dengan mudahnya setiap jam 4 pagi hari otomatis akan bangun sendiri tanpa harus ada bantuan jam alarm. Inilah yang saya maksud sistem mekanistik alam bawah sadar manusia.
Seorang kaya, bangun pada hari, dan bekerja 14 jam sehari. Seorang kaya telah memprogram alam bawah sadarnya demikian, sehingga bekerja 14 jam sehari tidak terasa melelahkan. Orang tidak sukses, bekerja 14 jam sehari akan merasa membosankan dan capek. Yang membedakan orang kaya dan orang tidak sukses adalah sistem mekanistik alam bawah sadar saja yang berbeda.

Sistem komunikasi manusia
Manusia berbicara dengan manusia jelasnya adalah alam bawah sadar ingin berkomunikasi dengan alam bawah sadar. Manusia adalah material daging yang mempunyai otak, getaran otak membuat alam bawah sadar memancarkan gelombang yang akan ditangkap oleh alam bawah sadar manusia lain. Untuk lebih memudahkan komunikasi alam bawah sadar menggunakan sarana alam sadar-nya, sehingga hakekat dari proses komunikasi manusia adalah alam bawah sadar komunikasi dengan alam bawah sadar namun melalui alam sadar masing2.
Tidak mengherankan manusia berselisih paham karena kesalahan interprestasi yang diakibatkan perbedaan database keyword manusia yang diproses oleh otak kiri. Otak kanan hanya menggerakan pemahaman, sehingga komunikasi otak kanan akan lebih mudah berlangsung. Dalam istilah supranatural ini disebut kontak batin.

Kata-kata seorang Ibu sangat berarti bagi anak
Ada pepatah buah tidak jauh dari pohonnya. Ada pepatah doa ibu merupakan mukjizat bagi anak-nya. Seorang anak hanyalah materialistis badan kecil yang pikirannya belum banyak tercemari oleh mekanistik logika alam bawah sadar.
Cerita Alexander the Great berperang tiada henti sampai mati, karena dirinya mengira bahwa bumi ini milik-nya yang merupakan warisan dari ayahnya seorang dewa. Dengan sistem mekanistik alam bawah sadar demikian dia mengira raja-raja lain tidak berhak atas tanah bumi sehingga Alexander the Great merebutnya.
Ucapan-ucapan seorang ibu akan membentuk sistem mekanistik alam bawah sadar seorang anak. Untuk itu ucapan ibu harus berhati-hati dan membentuk logika positif agar perkembangan anak menjadi baik. Anak merupakan proyeksi pikiran alam bawah sadar orang tua, untuk itulah jawaban anak adalah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

sumber :
wikipedia.com
buku "berpikir di luar kotak"
Wawan and Alexandra Kuznetsova… » Blog Archive » Sistem Berpikir Cerdas  Dialektika Mindset-2
Berpikir Cerdas dengan Imajiner Cerdas _ blackskin (no black no balance) _



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

statistics

Pages

About

Blogger templates

Blogger templates

Blogroll

Follow Me

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567