Selasa, 14 Desember 2010

JEJARING SOSIAL YANG MENJARING KEHIDUPAN SOSIAL

JEJARING SOSIAL YANG MENJARING KEHIDUPAN SOSIAL

Pengertian Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Jejaring Sosial merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan dari sistem software yang
memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain
dalam skala yang besar. Adapun karakteristik dari sebuah social software untuk jejaring
sosial adalah memiliki open APIs, desain arsitektur yang berbasiskan service-oriented
(SOA), dan kemampuan untuk upload data maupun media.

Pada dasarnya pembuatan dan perkembangan software sosial untuk Social Networking
antara lain adalah bertujuan atau bermanfaat untuk:

1. pertama, untuk kebutuhan, software konvensional lebih ditekankan kepada
perusahaan yang membutuhkan, sedangkan software sosial dapat diinisialisasi
oleh konsumen(pemakai),
2. kedua yaitu fokus. pada software konvensional titik fokus ditujukan kepada sisi
internal perusahaan, sedangkan software sosial bisa dikatakan menekankan pada
sisi sosial atau eksternal,
3. ketiga, tujuan. maksud dari dibuatnya software konvensional adalah untuk
mendapatkan keuntungan dan efesiensi serta produktifitas, sedangkan pada
software sosial lebih diutamakan sisi emosional.

Sejarah dan Perkembangan

Sejarah Jejaring Sosial 
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001.
 Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini. 
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twittermenggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). 
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

Akir-akhir ini perkembangan situs jejaring sosial berlangsung sangat pesat. Setelah
launching Friendster.com, pada tahun 2003 muncullah MySpace.com yang juga menjadi
satu dengan FOX Entertainment di Amerika Serikat yang menjadi situs jejaring sosial
terbesar di dunia hingga Juni 2006 dan diikuti dengan kemunculan Facebook th 2005.

Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor
pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams,
yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO
HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet
terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari
McMaster University.

Ketika perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya
mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004
Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President
stasiun televisi NBC Entertainment.

Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai
belahan dunia.

Facebook pertamakali didirikan oleh Mark Zuckerberg dengan nama asli "thefacebook"
ketika ia kuliah di Harvard University dan bermula dari sebuah hobi dengan dukungan
ana awal dari Eduardo Saverin. Selama berbulan-bulan Facebook telah melintasi ruangan-ruangan di Harvard University dengan sangat baik diterima. Begitupula segera
setelah itu menyebar ke Yale dan Stanfford dan diterima dan tersebar secara luas.

Pada awal pendirian thefacebook ini Mark Zuckerberg dibantu oleh kedua rekannya
mahasiswa Harvard Dustin Moskovitz dan Chris Hughes untuk membantunya
meningkatkan websitenya ke level yang lebih tinggi. Setelah mahasiswa dan thefacebook
menjadi sebuah fenomena Zuckerberg dan Moskovitz keluar dari Harvard untuk
meneruskan pengembangan website dan kegemarannya. Pada tahun 2005 thefacebook
secara resmi berubah nama menjadi Facebook hingga saat ini. Pada bulan Agustus 2006,
Facebook melunccurkan free developer API untuk mengijinkan Developers membuat
widget, mashups, tools, dan projects untuk Facebook.

Perkembangan Facebook terus meningkat hingga saat ini. Bahkan statistik menunjukkan
bahwa Facebook sejak Agustus 2008 telah mengalahkan pesaingnya yakni MySpace dan
menjadi website jejaring sosial terbesar di dunia. Keberhasilan Facebook makin
memuncak setelah digunakan sebagai sarana kampanye Presiden Amerika Terpilih
Barrack Obama. Banyak elit politik, partai maupun perusahaan dan pihak-pihak pun yang
tak jarang memanfaatkan Facebook sebagai ajang untuk menggalang dukungan, ataupun
sekedar membuat halaman untuk menunjukkan citra perusahaan melalui halaman yang
terdapat pada Facebook.








Sementara ada beberapa dampak/akibat dari penggunaan Jejaring Sosial:

Dampak positif dari Jejaring Sosial:

Yakni memperluas hubungan. Tentu dengan menggunakan sebuah jejaring sosial kita
akan dapat memperkaya hubungan dan persahabatan serta memperluas jaringan ke
seluruh pelosok Nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Ini barangkali yang dapat
menjadi salah satu dampak positif dari situs jejaring sosial.

Kelebihan

Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kelemahan

Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

Dampak negatif dari Jejaring Sosial:

Pertama, dapat berbahaya sebagai akibat simple atau mudah untuk proses pendaftaran
dan melibatkan identitas personal sehingga dapat membahayakan.. Misalnya pencurian
ID (idenditas) seseorang di internet oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan
digunakan untuk keperluan yang tidak semestinya.

Kedua, kecanduan. percaya atau tidak jejaring sosial dapat mengakibatkan kecanduan
bagi para penggunanya secara tidak langsung.

Ketiga, dapat menyebabkan anti sosial. bahwa kita dapat menjadi anti-sosial apabila
memaknai semua itu secara berlebihan. dapat kita bayangkan apabila kita duduk berjam-
jam hanya untuk mengomentari teman kita lewat layar komputer dibandingkan dengan
bertemu langsung dan duduk bersama dan dikhawatirkan lama kelamaan fungsi sosial
dapat tergantikan oleh digitalisasi melalui situs jejaring sosial ini.


sumber :
Wikipedia.org
www.ridwanforget.net
dengan perubahan oleh Akbar Jaya Laksana

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

statistics

Pages

About

Blogger templates

Blogger templates

Blogroll

Follow Me

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567